Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah
Bimtek Kearsipan & Perpustakaan Tatap Muka 2 Hari
Rp 3.500.000 / Orang | |
Rp 4.800.000 / Orang |
Checkout
Detail Pelatihan
Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah
Tatap Muka
2 Hari
Tanggal | |
Peserta | Orang |
Harga | Rp /Orang |
Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah
Tata Naskah adalah merupakan pengaturan teknis prosedural penanganan naskah dinas dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas pokok instansi pemerintah dengan daya guna dan hasil guna yang optimal yang meliputi pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. Tata Naskah Dinas merupakan unsur utama dari sistem ketatausahaan instansi pemerintah yang salah satu kegiatannya berhubungan dengan surat menyurat.
Salah satu komponen penting dalam ketatalaksanaan adalah administrasi umum. Ruang lingkup administrasi umum meliputi tata naskah dinas, penamaan lembaga, singkatan dan akronim, kearsipan, serta tata ruang perkantoran.
Tata naskah dinas sebagai salah satu unsur administrasi umum meliputi antara lain, pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang Negara, logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengurusan naskah dinas korespondensi, kewenangan, perubahan, pembatalan produk hukum, dan ralat.
Materi Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah
Modul 1: Pengantar Tata Naskah Dinas
- Definisi dan tujuan tata naskah dinas
- Prinsip-prinsip penulisan naskah dinas yang efektif
- Format dan struktur naskah dinas
- Bahasa resmi dan gaya penulisan yang tepat
- Penyampaian informasi yang jelas dan ringkas
- Contoh naskah dinas yang baik dan buruk
Modul 2: Jenis-jenis Naskah Dinas
- Surat perintah
- Surat edaran
- Surat keputusan
- Surat pemberitahuan
- Surat permohonan
- Surat pengantar
- Surat undangan
- Surat resmi lainnya
Modul 3: Tata Naskah Dinas Elektronik
- Pengenalan naskah dinas elektronik (e-mail, dokumen elektronik)
- Etika komunikasi elektronik dalam lingkungan pemerintahan
- Penggunaan saluran komunikasi yang tepat (subjek, tujuan, lampiran)
- Protokol e-mail yang benar (penulisan, penggunaan bahasa)
- Tanda tangan digital dan keamanan informasi
Modul 4: Pengantar Pengelolaan Arsip
- Pengertian pengelolaan arsip
- Fungsi dan manfaat pengelolaan arsip pemerintah
- Prinsip-prinsip pengelolaan arsip yang efektif
- Siklus hidup arsip (penciptaan, pemeliharaan, retensi, disposisi)
- Pengindeksan dan penomoran arsip
- Klasifikasi arsip berdasarkan jenis dan tingkat kepentingan
- Sistem penyimpanan arsip yang efisien
Modul 5: Pengelolaan Arsip Elektronik
- Konsep arsip elektronik dan manajemen dokumen
- Sistem manajemen rekaman elektronik (Electronic Records Management System/ERMS)
- Pengelolaan metadata dan penanda waktu elektronik
- Pengamanan arsip elektronik (keamanan fisik dan keamanan digital)
- Penyimpanan dan pemulihan arsip elektronik
- Penghapusan dan retensi arsip elektronik
Modul 6: Etika dan Keamanan Informasi
- Etika dalam pengelolaan arsip dan tata naskah dinas
- Pengendalian akses dan privasi informasi
- Pengamanan fisik dan teknis arsip
- Penghindaran konflik kepentingan dan penyalahgunaan informasi
- Kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi terkait privasi dan keamanan informasi
Modul 7: Simulasi Praktek
Durasi Kegiatan
2 Hari
Tempat Kegiatan
Bulan | Tanggal | |
Januari | 14 - 15 | X |
Februari | 4 - 5 | 18 - 19 |
Maret | 4 - 5 | 18 - 19 |
April | 15 - 16 | 29 - 30 |
Mei | 6 - 7 | 20 - 21 |
Juni | 3 - 4 | 17 - 19 |
Juli | 1 - 2 | 15 - 16 |
Agustus | 5 - 6 | 19 - 20 |
September | 2 - 3 | 16 - 17 |
Oktober | 7 - 8 | 21 - 22 |
November | 4 - 5 | 18 - 19 |
Desember | 2 - 3 | 16 - 17 |
Tempat Kegiatan
Hotel Amaris Juanda - JakartaJl. Ir. H. Juanda No. 3 Jakarta Pusat
Investasi
Tanpa Penginapan : Rp. 3.500.000,-Dengan Penginapan : Rp. 4.800.000,-
Bulan | Tanggal | |
Januari | 21 - 22 | X |
Februari | 11 - 12 | 25 - 26 |
Maret | 11 - 12 | X |
April | 22 - 23 | X |
Mei | 13 - 14 | 27 - 28 |
Juni | 10 - 11 | 24 - 25 |
Juli | 8 - 9 | 22 - 23 |
Agustus | 12 - 13 | 26 - 27 |
September | 9 - 10 | 23 - 24 |
Oktober | 14 - 15 | 28 - 29 |
November | 11 - 12 | 25 - 26 |
Desember | 9 - 10 | X |
Tempat Kegiatan
Favehotel Hyper Square - BandungPaskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No. 25 - 27 Bandung
Investasi
Tanpa Penginapan : Rp. 3.500.000,-Dengan Penginapan : Rp. 4.800.000,-
Bulan | Tanggal | |
Januari | X | X |
Februari | 6 - 7 | 20 - 21 |
Maret | 6 - 7 | X |
April | 24 - 25 | X |
Mei | 8 - 9 | 22 - 23 |
Juni | 12 - 13 | X |
Juli | 10 - 11 | 24 - 25 |
Agustus | 7 - 8 | 21 - 22 |
September | 4 - 5 | 18 - 19 |
Oktober | 9 - 10 | 30 - 31 |
November | 13 - 14 | 27 - 28 |
Desember | 4 - 5 | 18 - 19 |
Tempat Kegiatan
Hotel UNISI Malioboro - YogyakartaJl. Pasar Kembang No. 42 Yogyakarta
Investasi
Tanpa Penginapan : Rp. 3.500.000,-Dengan Penginapan : Rp. 4.800.000,-
Untuk permintaan bimtek di kota lain silahkan hubungi kami di 08111071677
Setiap peserta dengan pilihan biaya "Non Residential" akan mendapatkan :
- Bimtek Kit (Tas Bimtek, Alat Tulis, Modul)
- Handout Materi
- Akses Materi Lifetime
- Makan Siang Dan 2 X Rehat Kopi
- Sertifikat Bimtek
- Merchandise Keren
Setiap peserta dengan pilihan biaya "Residential Twin" akan mendapatkan :
- Bimtek Kit (Tas Bimtek, Alat Tulis, Modul)
- Handout Materi
- Akses Materi Lifetime
- Akomodasi Hotel Selama 3 Malam Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Peserta)
- Sarapan Pagi, Makan Siang, Makan Malam Dan 2 X Rehat Kopi
- Sertifikat Bimtek
- Merchandise Keren
Mungkin Anda tertarik...
Pelatihan Internal Audit, Fraud Detection and Investigation
*Mulai Rp 3.500.000 / Orang
Bimtek Reviu Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah
*Mulai Rp 3.500.000 / Orang
Kontak Kami
Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.
-
Hotline
08111071677 -
Whatsapp
08111071677 -
Email
official@lintasdiklat.id