- Pelatihan dan Sertifikasi Microsoft Certified Educator, 13 - 14 Desember 2024
- Pelatihan & Sertifikasi PBJP Level 1, 11 - 14 Desember 2024 di Jakarta
Apa Itu SIPD ? Pengertian, Manfaat dan Fungsi
4 Oktober 2024 308x Berita Lintas
SIPD atau Sistem Informasi Pemerintahan Daerah meruapakan suatu platform digital yang dirancang untuk mengelola dan mengintegrasikan data serta informasi terkait pemerintahan di tingkat daerah. SIPD menjadi sebuah wadah yang komprehensif untuk memudahkan akses dan pengelolaan data pembangunan daerah.
Pengertian SIPD
Secara sederhana, SIPD adalah sebuah sistem informasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk mengelola berbagai macam data, mulai dari data perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program pembangunan. Dengan adanya SIPD, diharapkan proses pengambilan keputusan dalam pemerintahan daerah dapat dilakukan secara lebih transparan, akuntabel, dan efisien.
Manfaat SIPD
- Transparansi
SIPD memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi terkait pembangunan daerah secara terbuka dan mudah.
- Akuntabilitas
SIPD meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
- Efisiensi
SIPD menyederhanakan proses kerja dan mengurangi penggunaan kertas, sehingga lebih efisien.
- Integrasi Data
SIPD mengintegrasikan berbagai data dari berbagai sumber, sehingga menghasilkan informasi yang lebih akurat dan komprehensif.
- Pengambilan Keputusan
SIPD mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang valid.
- Pemantauan dan Evaluasi
SIPD memungkinkan pemerintah daerah untuk memantau dan mengevaluasi kinerja program pembangunan secara berkala.
Fungsi SIPD
- Perencanaan
SIPD digunakan untuk menyusun rencana pembangunan daerah jangka menengah dan jangka panjang.
- Pelaksanaan
SIPD digunakan untuk memantau pelaksanaan program pembangunan dan memastikan bahwa program tersebut berjalan sesuai dengan rencana.
- Evaluasi
SIPD digunakan untuk mengevaluasi hasil dari program pembangunan dan mengidentifikasi area yang perlu perbaikan.
- Pelaporan
SIPD digunakan untuk menghasilkan laporan kinerja pemerintah daerah secara berkala.
- Koordinasi
SIPD memfasilitasi koordinasi antar perangkat daerah dalam pelaksanaan program pembangunan.
Jika anda mencari bimtek terkait SKPD, anda dapat menghubungi tim kami di 08111071677
Bimtek reguler terkait SIPD :
Bimtek Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan Melalui SIPD
Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.
Cara Download Materi dan Sertifikat Pelatihan
SIA V2.0 merupakan aplikasi berbasis website yang dikembangkan oleh PT. Inovasi Lintas Visitama sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik yang mudah dan cepat dan digunakan untuk : Download materi pelatihan (Life time) Download dokumentasi kegiatan (foto dan video) Cetak sertifikat pelatihan secara mandiri Cara penggunaan : Buka browser... selengkapnya
Bimtek Dan Ujian Sertifikasi Barang Dan Jasa Pemerintah Bulan Februari
Bimtek Dan Ujian Sertifikasi Barang Dan Jasa Pemerintah Angkatan II (Februari 2018) akan segera dilaksanakan yaitu tanggal 19 – 24 Februari 2018 di Hotel Losari Roxy – Jakarta. Bimtek Dan Ujian Sertifikasi Barang Dan Jasa ini akan dilaksanakan selama 6 hari (5 hari bimtek + 1/2 hari ujian berbasis komputer/daring). Bagi calon peserta yang akan me... selengkapnya
Daftar Tautan 49 Aturan Pelaksana UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja
Pemerintah telah menerbitkan 49 peraturan pelaksana Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang terdiri dariĀ 45 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres). Peraturan pelaksana tersebut juga telah diundangkan ke dalam Lembaran Negara RI. Semua peraturan tersebut dapat diakses pada laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hu... selengkapnya
Kontak Kami
Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.
-
Hotline
08111071677 -
Whatsapp
08111071677 -
Email
official@lintasdiklat.id
Belum ada komentar